Tips

Tips sehat memilih lipstik

Lipstik ialah kosmetika yang terbuat dari lilin, pigmen, minyak, dll. Lipstik biasa dimanfaatkan untuk memberikan warna pada bibir. Lipstik biasa digunakan oleh kebanyakan wanita pada umumnya. lipstik mengandung kandungan yang membahayakan bagi kesehatan bibir seperti minyak, malam (waxes), pengawet yang berupa senyawa yang larut dalam minyak misalnya propil paraben atau fenoksietanol, vitamin A, E, B, dan C, pewarna, lead, parifin dan senyawa lain.

Lipstik bisa menyebabkan kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh zat parifin. Lipstik juga bisa menyebabkan penyakit kanker karena mengandung zat berbahaya yaitu BHA (Butylated Hydroxyanisole), pewarna sintesis dari aluminium dan minyak ter (minyak batu bara), dan lead.

Penggunaan lipstik dalam keseharian aktifitas Anda harus diwaspadai karena banyak mengandung lead. Cara yang bisa dilakukan untuk bisa membuktikan lipstik tersebut mengandung lead atau tidak adalah :

  • Goreskan lipstik beberapa kali ke tangan.
  • Gunakan cincin EMAS minimal 18 karat lalu sapukan ke goresan lipstik tersebut.
  • Kalau warna lipstik berganti menjadi kehitam-hitaman atau kusam, maka dapat dipastikan bahwa lipstik tersebut mengandung bahan logam lead yang sangat tinggi.

Dengan mengetahui Perbedaan Lipstik Berbahaya dan tidak ini, kita sebagai wanita seharusnya lebih peduli akan kesehatan bibir dan lebih bijak dalam penggunaan kosmetik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s