Blog

Pendidikan

Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini

images

Kedudukan karakter dalam perjalanan setiap manusia sangat penting sekali. Bahkan pembentukan karakter sejak dini akan sangat menentukan bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya. Siapapun dia, apapun profesinya, ketika memiliki karakter positif, tentu akan lebih baik dari pada yang tidak memiliki karakter. Maka dari itu, penanaman karakter positif ini sangat diperlukan sejak dini agar bisa menjadi modal mereka dalam mengarungi perjalanan hidup yang sangat berat.

Karakter yang kuat, berani dan tidak mudah menyerah akan sangat membantu siapapun dalam menjalani hidup. Karakter positif selalu bisa diterapkan dalam berbagai profesi, baik seorang pebisnis, pendidik, atau profesi lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa yang sering menjadi masalah bangsa Indonesia ini adalah banyaknya manusia Indonesia yang tidak memiliki karakter positif sehingga dimanapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah.

Advertisements
Event

Pembukaan Praktikum Sastra ke-25 UR

Praktikum

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeritas Riau (UR) tepatnya i jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia baru saja menggelar acara praktikum sastra ke-25 pada hari Senin, 06 Maret 2017. Dalam acara praktikum sastra kali ini mengangkat tema “Kembangkan Sastra Lestarikan Budaya dan Lahirkan Karya”.

Praktikum sastra ke-25 ini resmi dibuka oleh Dekan FKIP Universtas Riau (UR) yakni, Prof. Dr. H.M. Nur Mustafa, M.Pd., dalam kata sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya acara praktikum sastra kali ini.

Selain dihadiri Dekan FKIP turut pula hadir Dr. Mangatur Sinaga, M.Hum. selaku ketua jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan beberapa dosen FKIP program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. kegiatan Praktikum Sastra ke-25 ini ditaja oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR).

Feature

Rumah Makan Kimteng

Placeholder Image

Rumah makan Kimteng, adalah tempat yang pertama kali kami kunjungi setelah sampai di kampung Senapelan. Rumah makan Kimteng ini sudah lama ada sejak dulu, pada awal perkembangan kota Pekanbaru. Dalam rumah makan Kimteng ini terdapat berbagai makanan dan minuman, namun yang menjadi menu paling istimewa ditempat ini adalah kopi yang terkenal dengan rasanya yang enak. Tempat ini juga ramai di kunjungi oleh masyarakat, sehingga selalu ramai disetiap harinya. Baik dari orang muda, orang tua, anak-anak dan dari berbagai lapisan masyarakat ada disini. Sejarah rumah makan  Kimteng ini berasal dari sebuah nama yang bernama Kim Teng lahir di sebuah rumah sederhana di pinggir kota Singapura pada Maret 1921. Nama kecilnya A Ngau. Ayahnya bernama Tang Lung Chiu dan Maknya Tan Mei Liang. Ia anak ketiga dari 5 bersaudara. Leluhurnya berasal dari kampung Kwanchiu, Tiongkok. Kim Teng pernah tinggal di Siak, Sungai Pakning, Bengkalis, dan Pekanbaru. Ia berasal dari keluarga amat sederhana. Mereka pindah-pindah untuk mencari kehidupan lebih baik. Kehidupan mereka sangat sederhana dan susah, bahkan untuk makan pun sulit sekali. Seiring berjalannya waktu Kim Teng menikah dan memiliki anak, demi menghidupi anak dan istrinya ia berusaha bekerja keras bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang. Kemudian, Kim Teng memiliki ide bahwa ia akan membuka kedai kopi pada saat itu, kedai kopi yang dibangunnya ternyata maju sangat pesat. Ia pun sempat mengganti beberapa kedai kopinya sebelum menjadi nama Kimteng.

Pada awalnya kedai kopi Kimteng ini terletak di Jalan Sago, di sebuah rumah sewa berdinding papan beratap daun rumbia berlantai tanah. Kedai kopi itu bernama ‘Kedai Kopi Yu Hun’. Seiring dengan berkembangnya jaman dan waktu, usaha kedai kopi Kimteng semakin berkembang. Tahun 2002, Kedai Kopi Segar, yang lebih dikenal dengan nama ‘Kedai Kopi Kimteng’ dipindahkan ke Jalan Senapelan. Kini, Kedai Kopi Kimteng sudah punya enam cabang di Pekanbaru: Jalan Senapelan (pusat), Mall Ciputra Lantai 2, Mall SKA, Perpustakaan Soeman HS Lantai Dasar, RS Awal Bros Pekanbaru dan Suzuya Departemen Store Senapelan Pekanbaru Lantai 2.

 

Sastra, Uncategorized

Mengenang Sastrawan Riau

 

Siapa yang tidak kenal dengan salah seorang sastrawan dari Provinsi Riau satu ini. Dia adalah Soeman HS. Bahkan, untuk mengenang semua jasa-jasanya nama beliau dikenang pada sebuah perpustakaan di Provinsi Riau yang dinamai Perpustakaan Wilayah Soeman HS Provinsi Riau.

Soeman HS sendiri dilahirkan di desa Bantan Tua, Bengkalis, Riau, pada tanggal 04 April 1904 dari pasangan bapak Wahid dan ibu Tarumun Pulungan. Kedua orang tuanya berasal dari desa Hutanopan. Kecamatan Barumun, Tapanulis Selatan. Soeman HS merupakan anak ketiga dari enam bersaudara, yaitu Raman, Riban, Soeman HS, Abdurrachim, Hamzah dan Jumat.

Pada tahun 1912 memasuki sia tujuh tahun, Soeman Hs mulai belajar di Sekolah Melayu kemudian melanjutkan ke Sekolah Dasar Guru di Medan. Dari 24 orang eserta hanya6 orang yang di terima termasuk Soeman HS sendiri yang menenmpati juara ke-4 pada waktu itu. Tahun 1920 beliau telah enyelesaikan pendidikan di Sekolah Dasar Guru Medan kemudian melanjutan ke Normal School (Sekolah Guru yang Sebenarnya) di Langsa, Aceh Timur dan selesai tahun 1923. Setelah itu,Soeman HS kembali ke Bantan Tua tempat kelahirannya. Setelah tifga bulan di Bantan Tua, beliau diangkat mnjadi Guru Bahasa Indonesia di HIS tepatnya di daerah Siak Sri Indrapura. Tahun 1930, beliau diangkat menjadi kepala sekoah Melayu dan pemilik sekolah di Psair Pengarayan.pada tahun 1946 ia diangkat menjadi anggota DPR di Pekanbaru Riau, kemudian tahun 1948, ketika yogyakarta di duduki Belanda beliau diangkat menjadi komandan Pangkalan Gerilia Rokan Kanan. Tahun 1950, menjabat sebagai Kepala Jawatan Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Pekanbaru yang berakhit tahun 1960. Setelah tak lama Soeman HS pensiu, pada tahun 1961, beliau diangkat menjadi anggota Badan Pemerintan Harian merangkat sebagai Kepala bagian keuangan di kantor Gubernur Riau.

Soeman HS mulai menyukai bidangsastra ketika beliau masih belajar di Sekolah Melayau dan untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang sastra, ia sering mengikuti pembicaraan sang ayah dengan para saudagar yang datang kerumahnya tentang kehidupan di Singapura. Dari pembicaran tersebut, beliau banyak berkhayal dan memperoleh banyak inspirasiv serta beberapa cerita. Selain itu,  beliau juga banyak memperoleh inspirasi dengan banyak membaca buku di perpustakaan.

Sebagai seorang sastrawan banyak karya yang telah dilahirkan beliau pada waktu itu, diantaranya, Kasih tak erlerai, Jakarta: Balai Pustaka, 1930. Percobaan Setia,/Jakarta: Balai pustaka,1931. Mencari Anak Perawan, /Jakarta: Balai pustaka, 1932. Kasih Tersesat, /Jakarta: Balai pustaka,1932. Kawan Bergelut/ (Kumpulan Cerpen), Jakarta: Balai pustaka, 1938. Tembusan Darah, /Medan: Dunia pengalaman, 1939.

Kemdudian Soeman HS meninggal dunia pada ari Sabtu, 08 Mei 1999 di rumahnya JL. Tangkuban Perahu, Pekanbaru dalam usia 95 tahun. Beliau meninggalkan seorang istri bernama Siti Hasnah dan 9 orang anak serta sejumlah cucu dan cicit. Untuk mengenang semua jasa-jasa Soeman HS pemerintan Provinsi Riau memberikan penghargaan dengan memberikan nam Soeman HS di perppstakaan wilayah Provinsi Riau yang berlokasi di Jalan Jend. Sudirman Pekanbaru

 

Bahasa

Perkembangan Bahasa Indonesia

 

Bahasa adalah alat untuk berinteraksi atau alat berkomunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat, dengan berbahasa kita bisa menyampaikan pikiran, gagasan, ide maupun perasaaan seseorang. Salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu dimana pada zaman dahulu bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa sastra, bahasa penghubung antar suku di Indonesia dan bahasa perdagangan serta bahasa resmi kerajaan yang berkembang pada saat itu.

Bahasa Indonesia sendiri telah diresmikan sejak peristiwa proklamasi Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 tepatnya saat Sumpah Pemuda. Namun, pada perkembangan sekarang ini tidak sedikit orang yang bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar bahkan tak jarang dari mereka yang meremehkan bahasa Indonesia itu sendiri.

Perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat serta perkembangan teknologi yang semakin cangggih pun turut mempengaruhi bagaimana proses perkembangan bahasa Indonesia, dengan teknologi serta zaman modern sekarang ini orang lebih suka menggunakan istilah asing serta bahasa yang bisa mereka katakan gaul dan kekinian, seperti: “Ngak”, “Ogah”, “Gitu”, dan masih banyak bahasa gaul lainnya.

Orang lebih suka menggunakan bahasa tersebut daripada menggunakan bahasa Indonesia sendiri. Sehingga, hal ini membuat bahasa Indonesia jarang sekali digunakan bahkan cenderung dilupakan. Padahal, setiap tahun bahasa Indonesia sudah diperingati dan tercantum di dalam peristiwa peringatan Sumpah Pemuda. Seharusnya, pemerintah lebih memperhatikan bagaimana perkembangan bahasa Indonesia dan kita sebagai generasi muda juga harus turut berperan dalam perkembangan bahasa Indonesia itu sendiri. Sehingga bahasa Indonesia tidak mudah dilupakan oleh kalangan anak-anak, muda, bahkan orang tua sekalipun.

Sastra, Uncategorized

Mengenang Sastrawan Riau

Siapa yang tidak kenal dengan salah seorang sastrawan dari Provinsi Riau satu ini. Dia adalah Soeman HS. Bahkan, untuk mengenang semua jasa-jasanya nama beliau dikenang pada sebuah perpustakaan di Provinsi Riau yang dinamai Perpustakaan Wilayah Soeman HS Provinsi Riau.

Soeman HS sendiri dilahirkan di desa Bantan Tua, Bengkalis, Riau, pada tanggal 04 April 1904 dari pasangan bapak Wahid dan ibu Tarumun Pulungan. Kedua orang tuanya berasal dari desa Hutanopan. Kecamatan Barumun, Tapanulis Selatan. Soeman HS merupakan anak ketiga dari enam bersaudara, yaitu Raman, Riban, Soeman HS, Abdurrachim, Hamzah dan Jumat.

Pada tahun 1912 memasuki sia tujuh tahun, Soeman Hs mulai belajar di Sekolah Melayu kemudian melanjutkan ke Sekolah Dasar Guru di Medan. Dari 24 orang eserta hanya6 orang yang di terima termasuk Soeman HS sendiri yang menenmpati juara ke-4 pada waktu itu. Tahun 1920 beliau telah enyelesaikan pendidikan di Sekolah Dasar Guru Medan kemudian melanjutan ke Normal School (Sekolah Guru yang Sebenarnya) di Langsa, Aceh Timur dan selesai tahun 1923. Setelah itu,Soeman HS kembali ke Bantan Tua tempat kelahirannya. Setelah tifga bulan di Bantan Tua, beliau diangkat mnjadi Guru Bahasa Indonesia di HIS tepatnya di daerah Siak Sri Indrapura. Tahun 1930, beliau diangkat menjadi kepala sekoah Melayu dan pemilik sekolah di Psair Pengarayan.pada tahun 1946 ia diangkat menjadi anggota DPR di Pekanbaru Riau, kemudian tahun 1948, ketika yogyakarta di duduki Belanda beliau diangkat menjadi komandan Pangkalan Gerilia Rokan Kanan. Tahun 1950, menjabat sebagai Kepala Jawatan Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Pekanbaru yang berakhit tahun 1960. Setelah tak lama Soeman HS pensiu, pada tahun 1961, beliau diangkat menjadi anggota Badan Pemerintan Harian merangkat sebagai Kepala bagian keuangan di kantor Gubernur Riau.

Soeman HS mulai menyukai bidangsastra ketika beliau masih belajar di Sekolah Melayau dan untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang sastra, ia sering mengikuti pembicaraan sang ayah dengan para saudagar yang datang kerumahnya tentang kehidupan di Singapura. Dari pembicaran tersebut, beliau banyak berkhayal dan memperoleh banyak inspirasiv serta beberapa cerita. Selain itu, beliau juga banyak memperoleh inspirasi dengan banyak membaca buku di perpustakaan.

Sebagai seorang sastrawan banyak karya yang telah dilahirkan beliau pada waktu itu, diantaranya, Kasih tak erlerai, Jakarta: Balai Pustaka, 1930. Percobaan Setia,/Jakarta: Balai pustaka,1931. Mencari Anak Perawan, /Jakarta: Balai pustaka, 1932. Kasih Tersesat, /Jakarta: Balai pustaka,1932. Kawan Bergelut/ (Kumpulan Cerpen), Jakarta: Balai pustaka, 1938. Tembusan Darah, /Medan: Dunia pengalaman, 1939.

Kemudian Soeman HS meninggal dunia pada hari Sabtu, 08 Mei 1999 di rumahnya Jl. Tangkuban Perahu, Pekanbaru dalam usia 95 tahun. Beliau meninggalkan seorang istri bernama Siti Hasnah dan 9 orang anak serta sejumlah cucu dan cicit. Untuk mengenang semua jasa-jasa Soeman HS pemerintan Provinsi Riau memberikan penghargaan dengan memberikan nam Soeman HS di perppstakaan wilayah Provinsi Riau yang berlokasi di Jalan Jend. Sudirman Pekanbaru

 

Tips, Uncategorized

Terima kasih untuk semua luka yang telah kau beri. Dengan luka itu aku menjadi bangkit lagi dan lagi

Luka yang kau goreskan selama ini membuatku berpikir, akankah aku akan terus tersesat pada kesedihan yang tak berujung?

Image result for foto tersesat

Bukanhanya soal sakit yang ada di dalam pikiran. Tapi, luka yang telah ditinggalkan membuat kita berpikir, akankah rasa sakitdihati ini akan terus  menyesatkanku pada kesedihan yang tak berujung? Kecerianku mulai hilang sedikit demi sedikit, seperti terhisap secara mendadak dari luka-luka yang kau beri. Kepercayaan dirianku pun ikut hilang entah kemana. Dengan perasaan yang setiap hari terasa memiliki banyak luka dihati. Meski dalam pikiran masih terus berusaha bertanya, apakah aku nanti akan menemukan jalan keluar dari rasa sakit ini. Continue reading “Terima kasih untuk semua luka yang telah kau beri. Dengan luka itu aku menjadi bangkit lagi dan lagi”

Tips

Tips sehat memilih lipstik

Lipstik ialah kosmetika yang terbuat dari lilin, pigmen, minyak, dll. Lipstik biasa dimanfaatkan untuk memberikan warna pada bibir. Lipstik biasa digunakan oleh kebanyakan wanita pada umumnya. lipstik mengandung kandungan yang membahayakan bagi kesehatan bibir seperti minyak, malam (waxes), pengawet yang berupa senyawa yang larut dalam minyak misalnya propil paraben atau fenoksietanol, vitamin A, E, B, dan C, pewarna, lead, parifin dan senyawa lain. Continue reading “Tips sehat memilih lipstik”

kecantikan

Kaki bersih dan sehat awali hidupmu

punggung kaki yang terlihat gelap dan kuku kaki yang kotor tentunya bisa membuat cowok-cowok ilfeel. Percuma kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk berdandan tapi kakimu masih terlihat dekil. Mulai dari sekarang, terapkan kebiasaan simple ini untuk kaki yang terlihat indah.

1. Selalu Menggosok Kaki dengan Sabun 

Ketika kamu mandi, jangan lupa untuk menggosokkan kakimu dengan sabun untuk mengangkat bakteri dan kotoran yang menumpuk di kaki. Bersihkan kaki dengan seksama hingga ke celah-celah jari agar kaki bisa benar-benar bersih. Kaki yang bersih adalah kunci kaki cantik.

 2. Rajin Lakukan Pedikur Setiap Minggu

Sering melakukan pedikur sendiri di rumah bisa mencegah tumit kering dan pecah-pecah yang pastinya bisa menurunkan tingkat kecantikan kakimu. Cukup dengan merendam kaki di dalam campuran air panas dan garam kristal selama 5 – 10 menit. Setelah itu, gosokkan telapak kaki dan tumit dengan menggunakan batu apung untuk mengeksfoliasi sel kulit mati pada kaki yang merupakan penyebab kaki yang kusam dan kapalan.

3. Biasakan untuk Mencuci Kaki setelah Melepas Alas Kaki

Setelah pergi seharian, kaki yang selalu terbungkus dengan alas kaki pasti akan menjadi kering. Kulit kaki yang kering bisa menyebabkan kaki pecah-pecah dan terlihat kusam. Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk membiasakan selalu mencuci kaki setiap melepas alas kaki agar kaki dapat tetap lembap dan bersih.

4. Oleskan Moisturizer atau Lotion Pada Kaki Setiap Malam Sebelum Tidur

Untuk mencegah kulit kaki yang kering dan tumit yang pecah-pecah, sekarang saatnya kamu menerapkan kebiasaan menggunakan lotion atau moisturizer pada area kaki secara menyeluruh hingga ke bagia telapak kaki. Lakukan ritual perawatan ini pada malam hari sebelum tidur dan setelah mencuci bersih kakimu.

Jika memang kakimu cenderung lebih cepat kering dan memiliki tumit yang pecah-pecah, maka kamu bisa membungkus kakimu dengan kaus kaki setelah mengoleskan lotion. Cara ini sangat ampuh untuk melembapkan kaki dan mengembalikan kekenyalan dan kehalusan kulit kaki. Oh iya kamu juga bisa memilih lotion yang sekaligus dapat mencerahkan sehingga kakimu bisa terlihat lebih putih dan cerah.

 5. Selalu Jaga Kebersihan Kuku Kaki dengan Rutin Memotongnya

Tidak lengkap jika kulit kaki sudah cerah dan mulus tetapi kuku kakimu masih kotor. Karena itu, kebiasaan memotong kuku kaki setiap minggu bisa menjaga kukumu agar selalu bersih dan sehat. Kuku yang selalu dipotong ini juga bisa mencegah berkembangnya bakteri pada kaki yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

6. Jangan Lupa Gunakan Sunblock Pada Punggung Kaki

Sebelum ke luar rumah menggunakan sandal atau flat shoes, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock pada area kakimu. Kamu tidak mau kan kakimu terlihat belang karena terbakar sinar matahari? Sama seperti kulit tubuh dan wajah, kulit pada bagian kaki juga perlu kamu oleskan sunblock lho. Dengan rutin menggunakan sunblock, kulit kakimu pasti akan bebas belang dan akan terlihat lebih cerah.
jangan lupa ya guys:)